Dua menteri hadiri Reuni MAN Tambakberas

Diposting pada: 2017-05-04, oleh : ADMINISTRATOR, Kategori: Tanpa Kategori

Sabtu, 24 Desember 2016 MAN Tambakberas dipenuhi oleh ribuan alumni yang hadir untuk melaksanakan Reuni Akbar MAN Tambakberas. Tercatat kurang lebih 3400 peserta yang datang memenuhi undangan panitia yang diketuai Moh. Syifak Malik.  Acara ini merupakan puncak perhelatan yang sudah diawali dengan pertemuan perdana di Malang bulan Sepetember lalu yang dihadiri 5 perwakilan angkatan dari tahun lulusan 1979 sampai dengan 2015.

Satu hal yang tidak biasa di momen kali adalah kehadiran 2 menteri yang memastikan kedatangannya di MAN Tambakberas yaitu H. Imam Nahrowi , Menpora dan H.Muhajir Effendi, Mendikbud RI. Keduanya hadir memenuhi undangan madrasah untuk memberi sambutan di madrasah yang berdiri sejak tahun 1969. Terhitung tua, MAN Tambakberas hingga saat ini diyakini sebagai MAN dengan jumlah siswa terbesar di Indonesia. Tak kurang setiap tahun sekitar 800-1000 siswa yang mendaftarkan diri sebagai siswa baru, MAN Tambakberas yang saat ini dikepalai Drs.H.Ahsan Sutari ini terus berkembang membenahi diri.

Untuk itu, mengumpulkan alumni dalam lintas 36 generasi bukan sebuah persoalan mudah. “Sudah sejak 5 tahun lalu diprogramkan, dan baru bisa terlaksana di tahun 2016..” tukas Nidaus Sa’adah , waka Humas sekaligus penanggung jawab acara Reuni.

Dalam sambutannya usai dilantik, Drs. Sutiaji, M.Ec, ketua terpilih Ikatan Alumni MAN Tambakberas  (Ikamantab) mengatakan bahwa terbentuknya ikatan alumni ini merupakan sebuah momentum akhir tahun yang penting untuk ditandai. Sebagai madrasah yang lahir dari rahim pesantren tua sekaligus merupakan ikon NU yakni PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Ikamantab harus memantapkan jati diri sebagai jejaring alumni yang bisa membawa kontribusi bagi perdamaian dan persatuan bangsa.

Mengingat bahwa potensi alumni yang beragam ternyata bisa menyatu dalam satu ikatan dan saling memberi manfaat, maka ke depannya, Sutiaji yang saat ini juga menjabat wakil walikota Malang, berkeinginan untuk mewujudkan potensi itu dalam sebuah jaringan usaha yang diharapkan bisa lebih memberdayakan umat, terutama di  kalangan santri. Ini bukan suat kemustahilan mengingat alumni MAN Tambakberas banyak yang menjadi pionir di wilayah masing-masing. Baik di sektor ekonomi, politik, dakwah maupun lembaga pemberdayaan masyarakat yang lain.

Sementara itu menteri pemuda dan olah raga, Imam Nahrawi menekankan pentingnya lulusan pesantren seperti MAN Tambakberas ini mengasah visinya agar bisa berperan di semua sektor di negeri  ini. Setelah beberapa kali lulusan pesantren menuai kemenangan dalam kompetisi Olahraga seperti.....Nahrawi yakin bahwa di MAN Tambakberas potensi itu akan bermunculan. Liga Santri yang selama ini digagas oleh Kemenpora merupakan komitmennya untuk memberi peluang prestasi bagi kalangan santri yang selama ini luput dari perhatian pemerintah. Karena itu santri dan juga alumninya diharapkan mengasah diri untuk menghadapi kehidupan yang lebih kompetitif.

Lain halnya dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Drs Muhadjir Effendi yang hadir sekaligus membuka SMK di lingkungan Bahrul ‘Ulum. Beliau yang punya latar belakang pesantren yang kuat di Sewulan menekankan pentingnya sinergitas antara berbagai komponen. Menteri yang berlatar belakang Muhammadiyah ini menekankan perlunya NU dan Muhammadiyah bekerja sama membangun bangsa, mengingat keduanya punya akar sejarah dan perjuangan yang sama di Indonesia ini.

Kemeriahan nampak sekali dalam keseluruhan acara yang sudah ditunggu sejak setahun lalu. Lintas generasi mencair saat berbagai macam persembahan dan perbincangan yang selama ini hanya bisa disampaikan melalui chat grup menemukan momentumnya dalam pertemuan meriah Reuni Akbar MAN Tambakberas. Viva man (nied)


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id